You are here Home

Kodim Singkil dan Aceh Jaya Tanam Jagung

E-mail Print PDF

SINGKIL - Kodim 0109/Singkil melakukan, penanaman jagung hibrida seluas empat hektare di Desa Tanah Bara, Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil, Kamis (21/3). Penanaman jagung juga dilakukan jajaran Kodim Aceh Jaya di Desa Padang Datar, Kecamatan Krueng Sabee. Kegiatan itu dilakukan dalam upaya meningkatkan ketahan pangan di dua daerah tesrebut. Di Singkil, penanaman jagung dilakukan prajurit TNI, dipimpin langsung Dandim 0109/Singkil, Letkol Inf Afson R Sirait. Turut hadir Wakil Bupati, Dulmusrid, Kepala Dinas Pertanian Sahbudin, Kepala Dinas Peternakan Azwan, Kepala Bandan Penyuluh Pertanian, Samsudin Buyung dan kelompok tani. “Penanaman jagung hibrida sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan di daerah kita,” kata Letkol Afson.

Dandaim Afson sangat berharap masyarakat setempat meniru langkah yang dilakukannya dengan cara memanfaatkan lahan tidur, pekarangan rumah dan lahan telantar menjadi tempat pertanian. “Penanaman jagung ini mudah-mudahan menjadi contoh bagi masyarakat,” ujarnya.

Di Aceh Jaya
Penamanam jagung hibrida juga dilakukan jajaran Kodim 0104 Aceh Jaya di Desa Padang Datar, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Kamis (21/2). Dandim 0114 Aceh Jaya, Letkol Inf Yugo Widirgo saat penanaman jagung hibrida tersebut mengatakan, pemerintah pusat saat ini sedang berupaya mewujudkan swasembada pangan dengan menciptakan daerah-daerah sebagai lumbung pangan nasional.

Bupati Aceh Jaya, Ir Azhar Abdurrahman meminta semua Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) di daerahnya ikut memanfaatkan lahan tidur untuk ditanami berbagai jenis tanaman produktif. “Kita sangat mendukung program tanam serentak jagung hibrida yang dilaksanakan oleh TNI. Kita akan ikut berpartisipasi perencanaan yang dilakukan oleh Kodam Iskandar Muda,” katanya.(c39/c45)

Joomlart