You are here Home

Aceh Singkil Belum Miliki Motif Batik

E-mail Print PDF

SINGKIL - Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil, belum menentukan motif batik yang rencana akan digunakan PNS setiap hari Jumat. Kendati tokoh setempat dalam dialog adat budaya tahun 2012 lalu, telah merumuskan empat jenis motif batik, tinggal lagi memutuskan mana yang akan dipilih. Belum adanya motif yang akan menjadi ciri khas Aceh Singkil, menyebabkan pengrajin batik tulis yang telah mendapat pelatihan masih meniru corak daerah lain. “Hasil dialog tokoh adat, sudah merumuskan empat macam motif batik. Tinggal lagi, memutuskan mau dipakai yang mana,” kata Rosman Hasmy Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Singkil, Jumat (31/5).

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koprasi dan UKM Aceh Singkil Iswar. Menurut Iswar, pengrajin batik sudah mendapat pelatihan dari intansinya. Hanya saja belum bisa membuat batik khas Aceh Singkil, karena belum ada kesepakatan motif seperti apa yang akan dipakai.

“Pengrajin batik tulis sudah mendapat pelatihan. Kalaupun tidak banyak tapi sudah ada, namun belum bisa membuat batik khas Aceh Singkil, karena kita belum memiliki motifnya,” ujar Iswar.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemudan dan Olah Raga (Disbudparpora) Aceh Singkil, Iran Fazri, membenarkan motif batik sudah ada, namun belum disahkan. “Motif batik sudah ada, tinggal disahkan saja. Insya Allah dalam waktu dekat bisa disahkan,” kata Iran.(c39)

Sumber : aceh.tribunnews.com

Joomlart