PIDATO BUPATI ACEH SINGKIL DALAM UPACARA MEMPERINGATI HARI PENDIDIKAN DAERAH KE-59 TINGKAT KABUPATEN ACEH SINGKIL SENIN 03 SEPTEMBER 2018

download File Kamis, 06 September 2018 - Oleh redaksi

KABUPATEN ACEH SINGKIL

 

PIDATO BUPATI ACEH SINGKIL

DALAM UPACARA MEMPERINGATI HARI PENDIDIKAN DAERAH KE-59 TINGKAT

KABUPATEN ACEH SINGKIL SENIN 03 SEPTEMBER 2018

BISMILLAHIRRAH MANIRRAHIM,

ASSALAMMUALAIKUM WR.WB,

SALAM SEJAHTERA UNTUK KITA SEMUA

 

ALHAMDULILLAHI RABBIL‘ALAMIN, WASHSHALATU

WASSALAMU‘ALA ASYRAFIL AMBIA-I WALMURSALIN.

WA’ALA ALIHI WASAHBIHI AJMA’IN

PUJI DAN SYUKUR KITA PERSEMBAHKAN KEHADHIRAT ALLAH SWT, ATAS LIMPAHAN RAHMAT DAN KARUNIA-NYA SEHINGGA PADA HARI INI KITA BERKESEMPATAN HADIR DI TEMPAT INI GUNA MENGIKUTI UPACARA MEMPERINGATI HARI PENDIDIKAN DAERAH ACEH KE-59 TAHUN 2018.

SHALAWAT DAN SALAM KITA SANJUNGKAN KEHARIBAAN JUNJUNGAN ALAM, NABI BESAR MUHAMMAD SAW, BESERTA KELUARGA DAN PARA SAHABAT BELIAU SEKALIAN.

( YTH, MENYESUAIKAN ),

  1. YTH, BAPAK WAKIL BUPATI ACEH SINGKIL;
  2. YTH, PIMPINAN DPRK ACEH SINGKIL DAN ANGGOTA/IBU;
  3. YTH, BAPAK DANDIM 0109 ACEH SINGKIL/IBU;
  4. YTH, BAPAK KAPOLRES ACEH SINGKIL/IBU;
  5. YTH, BAPAK KEPALA KEJAKSAAN NEGERI SINGKIL/IBU;
  6. YTH, BAPAK KETUA PENGADILAN NEGERI SINGKIL/IBU;
  7. YTH, BAPAK KETUA MAHKAMAH SYARI’AH ACEH SINGKIL/IBU;
  8. YTH, BAPAK KETUA MAJELIS PERMUSYAWARATAN ULAMA (MPU) ACEH SINGKIL/IBU;
  9. YTH, SAUDARA SEKDA, PARA ASISTEN/STAF AHLI BUPATI/PARA KEPALA SKPK/KEPALA LEMBAGA KEISTIMEWAAN/ KEPALA INSTANSI VERTIKAL, PARA CAMAT, KEPALA BAGIAN DALAM KAB. ACEH SINGKIL;
  10. YTH, PARA TOKOH MASYARAKAT, PARA PENGGIAT DAN PEMERHATI BIDANG PENDIDIKAN, PARA INSAN PERS SERTA PESERTA APEL YANG BERBAHAGIA,

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

MIMPI TOKOH-TOKOH PENDAHULU ACEH UNTUK MEMILIKI GENERASI TANGGUH MENGHADAPI ERA PERUBAHAN YANG TERUS BERGERAK DARI MASA KE MASA, TELAH DI-INSKRIPKAN SEBAGAI HARI PENDIDIKAN DAERAH (HARDIKDA) ACEH. DARI TITIK INI, TUGU KOMITMEN MENEMPATKAN SUMBER DAYA MANUSIA  SEBAGAI PRIORITAS PEMBANGUNAN, PELAN-PELAN DIBANGUN.

TAK BISA DINAFIKAN BAHWA KOTA PENDIDIKAN DARUSSALAM ADALAH PERSEMBAHAN MAHA KARYA PARA PENDAHULU ACEH. DI SITU, DUA UNIVERSITAS TERMASYHUR YAITU UNSYIAH DAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN), KINI BERGANTI JUBAH MENJADI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) AR-RANIRY, LAHIR DAN MENJADI IKON NUSANTARA. "INI ADALAH KARYA BESAR TOKOH-TOKOH PENDAHULU ACEH DI BIDANG PENDIDIKAN,"

SEBAGAI "JANTUNG HATINYA RAKYAT ACEH", UNSYIAH DAN UIN HARUS MAMPU PULA MENYUGUHKAN SDM YANG MEMILIKI KARAKTER KEACEHAN, KEISLAMAN DAN KE-INDONESIAAN SECARA POLITIK. HARAPANNYA, KELAK GENERASI ACEH MAMPU BERPIKIR KRITIS, KREATIF, KOMUNIKATIF DAN BERKOLABORASI SEBAGAI KARAKTER YANG DIPERLUKAN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PERUBAHAN ZAMAN.

PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA,

PEMERINTAH ACEH SUDAH BERUPAYA MENGAKTUALISASI HARAPAN ITU DENGAN MEMPRIORITASKAN PEMBANGUNAN BIDANG PENDIDIKAN SEBAGAI SALAH SATU DARI 15 PROGRAM UNGGULAN YANG DIBERI NAMA "ACEH CARONG". "PROGRAM INI DIHARAPKAN DAPAT MENGAKSELERASIKAN TARGET CAPAIAN PEMBANGUNAN BIDANG PENDIDIKAN SESUAI DENGAN TARGET NASIONAL.

DARI DASAR PEMIKIRAN INILAH MAKA PERINGATAN HARDIKDA KE-59 TAHUN 2018 MENGAMBIL TEMA "ACEH CARONG MENUJU ERA INDUSTRI 4.0." DAN, MOMENTUM INI DIJADIKAN WAHANA EVALUASI TERHADAP BERBAGAI PROGRAM PENDIDIKAN YANG SUDAH DIJALANKAN. PEMERINTAH ACEH TELAH MEMASUKKAN ISU PENDIDIKAN MENJADI PRIORITAS DALAM RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH (RPJM) ACEH TAHUN 2017-2022.

UNTUK MENCAPAI TARGET SASARAN TERSEBUT, TENTU SEMUA PIHAK HARUS TERLIBAT SECARA TERINTEGRASI, SEPERTI; DINAS PENDIDIKAN, KANWIL KEMENTERIAN AGAMA, DINAS PENDIDIKAN DAYAH, BAPPEDA ACEH, MAJELIS PENDIDIKAN ACEH (MPA), LEMBAGA PERGURUAN TINGGI DAN SELURUH KOMPONEN MASYARAKAT LAINNYA.

PEMBERLAKUAN UU NO. 23 TAHUN 2014 TENTANG PEMERINTAH DAERAH, MENGATUR KEWENANGAN DALAM PENYELENGGARAAN JENJANG PENDIDIKAN. DALAM MENYIKAPI REGULASI TERSEBUT DIPERLUKAN UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KOORDINASI ANTAR JENJANG PEMERINTAHAN SEHINGGA PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN PENGAWASAN MENJADI LEBIH SINERGI.

KITA HARUS TERUS BERIKHTIAR MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN BERKEADILAN MELALUI PEMERATAAN AKSES DAN MUTU PENDIDIKAN DI SELURUH PENJURU ACEH. KITA HARUS MEMASTIKAN PENDIDIKAN YANG TERJANGKAU, TIDAK BOLEH ADA MASYARAKAT ACEH PADA USIA SEKOLAH YANG TIDAK MENDAPAT LAYANAN PENDIDIKAN. DENGAN KATA LAIN, DIBUTUHKAN PERAN JAJARAN TERKAIT UNTUK MENINGKATKAN KEPEKAAN YANG LEBIH BAIK. AGAR KESENJANGAN, PROBLEM DAN TANTANGAN, BAIK SEBAGAI FENOMENA MAUPUN FAKTA, DAPAT DIIDENTIFIKASI DAN DIPERKECIL.

KITA PATUT BERSYUKUR BAHWA PROGRAM DAN KEGIATAN SEBAGAI IKHTIAR SUDAH MULAI MENUNJUKKAN HASIL YANG POSITIF, BEBERAPA INDIKASI KEBERHASILAN ANTARA LAIN; SEBANYAK 5.282 SISWA CALON MAHASISWA ASAL ACEH LULUS SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2018. JUMLAH INI MENDUDUKKAN ACEH PADA "PERINGKAT LIMA" SEBAGAI PROVINSI PALING BANYAK MELOLOSKAN SISWA-SISWINYA DARI SMA/SMK/MA DALAM SNMPTN 2018 DAN PERINGKAT KETIGA NASIONAL PENERIMA BEASISWA BIDIK MISI.

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN JUGA MENUNJUKKAN PERGERAKAN PENINGKATAN CAPAIAN. PADA 2015, HASIL UKG MENUNJUKKAN PERINGKAT KOMPETENSI GURU ACEH BERADA PADA URUTAN 3 (TIGA) TERENDAH SECARA NASIONAL. PADA 2016 ACEH MENEMPATI PERINGKAT 23 NASIONAL. PADA TAHUN 2017, MENJADI PERINGKAT 15 NASIONAL, NAIK DARI TAHUN SEBELUMNYA.

SEMOGA PRESTASI – PRESTADI DI BIDANG PENDIDIKAN INI DAPAT MENJADI PENDORONG BAGI KITA SEMUA UNTUK LEBIH BEKERJA KERAS GUNA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ACEH, SEHINGGA GENERASI MUDA ACEH TAMPIL SEBAGAI SUMBER DAYA YANG TANGGUH, KREATIF,  INOVATIF, BERILMU DAN BERTAQWA.

AKHIRNYA SAYA UCAPKAN SELAMAT HARI PENDIDIKAN DAERAH  ACEH KE-59 TAHUN 2018

SEMOGA ALLAH SWT SENANTIASA MEMBERI RIDHA DAN PERLINDUNGAN-NYA KEPADA KITA SEMUA. AMIN YARABBAL’ALAMIN. TERIMA KASIH ATAS SEGALA PERHATIAN.

WASSALAMUALAIKUM, WR. WB.

 

                                                                                                                        BUPATI ACEH SINGKIL

 

 

                                                                                                                         DULMUSRID