PIDATO BUPATI ACEH SINGKIL PADA ACARA PENGANTAR TUGAS CAMAT DANAU PARIS, SENIN - 03 SEPTEMBER 2018

download File Kamis, 06 September 2018 - Oleh redaksi

KABUPATEN ACEH SINGKIL

 

PIDATO BUPATI ACEH SINGKIL PADA ACARA PENGANTAR

TUGAS CAMAT DANAU PARIS,    SENIN - 03 SEPTEMBER 2018


BISMILLAHIRRAH MANIRRAHIM,

ASSALAMMUALAIKUM WR.WB,

 

ALHAMDULILLAHHIRRABIL ‘ALAMIN WASSHALA

TUWASSHALA MU’ALA ASHRAFIL AMBIYA IWALMURSALIN

WA’ALA ALIHI WASHABIHI AZMA’IN, AMMA BA’DU,

          MARILAH KITA MEMANJATKAN PUJI SYUKUR KE HADIRAT ALLAH SWT, PEMILIK DAN PENGUASA ALAM SEMESTA, YANG TELAH MELIMPAHKAN RAHMAT DAN KARUNIA KEPADA KITA SEMUA, SEHINGGA KITA BISA BERHADIR DI TEMPAT INI DALAM RANGKA MENGANTAR  TUGAS  CAMAT DANAU PARIS.

SALAWAT BERIRING SALAM  KITA KIRIMKAN KAHARIBAAN NABI BESAR MUHAMMAD SAW YANG TELAH MEMBAWA UMAT MANUSIA DARI ALAM JAHILIYAH KE ALAM YANG PENUH DENGAN CAHAYA KEIMANAN.

(YTH, MENYESUAIKAN),

  1. YTH, WAKIL BUPATI ACEH SINGKIL;
  2. YTH, PIMPINAN DAN ANGGOTA DPRK ACEH SINGKIL;
  3. YTH, BAPAK DANDIM 0109 ACEH SINGKIL;
  4. YTH, BAPAK KAPOLRES ACEH SINGKIL;
  5. YTH, BAPAK KEPALA KEJAKSAAN NEGERI SINGKIL;
  6. YTH, BAPAK KETUA PENGADILAN NEGERI SINGKIL;
  7. YTH, BAPAK KETUA MAHKAMAH SYARI’AH SINGKIL;
  8. YTH, BAPAK KETUA MAJELIS PERMUSYAWARATAN ULAMA ( MPU ) ACEH SINGKIL;
  9. YTH, SAUDARA SEKDA, PARA ASISTEN/STAF AHLI BUPATI/ KEPALA SKPK/KEPALA LEMBAGA KEISTIMEWAAN/KEPALA INSTANSI VERTIKAL, PARA CAMAT DAN KEPALA BAGIAN;
  10. KETUA TP PKK DAN BUNDA PAUD KABUPATEN ACEH SINGKIL SERTA SELURUH JAJARANNYA;
  11. YTH, KETUA DHARWA WANITA PERSATUAN KABUPATEN BESERTA SELURUH JAJARANNYA;
  12. YTH, PARA MUKIM, KEPALA KAMPONG, KETUA BPG, TOKOH MASYARAKAT, PARA ALIM ULAMA, TOKOH ADAT,  TOKOH PEMUDA DAN PARA INSAN PERS SERTA HADIRIN UNDANGAN YANG BERBAHGIA.

HADIRIN YANG BERBAHAGIA,

SAYA TIDAK AKAN BOSAN – BOSANNYA MENYAMPAIKAN PADA SETIAP KESEMPATAN PENGANTAR TUGAS CAMAT YANG KITA LAKSANAKAN, BAHWA SEORANG CAMAT ADALAH PERPANJANGAN TANGAN PEMERINTAH KABUPATEN DALAM RANGKA MEMPERPENDEK JALUR BIROKRASI.

APALAGI JIKA KECAMATAN YANG BERSANGKUTAN SECARA GEOGRAFIS BERADA JAUH DARI JANGKAUAN IBU KOTA KABUPATEN. MAKA CAMAT DAN SELURUH APARATURNYA DITUNTUT UNTUK MELAYANI MASYARAKAT DALAM BERBAGAI HAL YANG DIBUTUHKAN. JIKA BISA DISELESAIKAN DI TINGKAT KECAMATAN, MENGAPA HARUS MENYULITKAN DIRI DATANG KE IBU KOTA PEMERINTAHAN.

SELANJUTNYA, SEORANG CAMAT YANG SUDAH DIBERI AMANAH, HARUS CEPAT MENYESUAIKAN DIRI DENGAN LINGKUNGAN PEKERJAAN, TERUS MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA DAN MAMPU MENJADI CONTOH BAGI SELURUH JAJARAN DI INSTANSI KECAMATAN DALAM MEMBERI PELAYANAN YANG MAKSIMAL BAGI MASYARAKAT.

PERLU JUGA SAYA INGATKAN, SEORANG CAMAT TIDAK AKAN BERHASIL MELAKSANAKAN TUGAS DENGAN BAIK, JIKA BEKERJA SENDIRI TANPA MELIBATKAN, MEMFUNGSIKAN SERTA MEMBERDAYAKAN SELURUH APARATUR PEMERINTAH KECAMATAN. MAKA KERJASAMA DAN SINERGITAS ANTARA CAMAT DAN SELURUH STAF HARUS TERUS DIJAGA.

SELURUH APARATUR KECAMATAN HARUS MENGHORMASTI CAMAT SEBAGAI PIMPINAN TERTINGGI DI WILAYAH KECAMATAN, DEMIKIAN JUGA SEBALIKNYA, SEORANG CAMAT HARUS MENGAYOMI DAN MEMBERIKAN ARAHAN – ARAHAN YANG KONSTRUKTIF KEPADA BAWAHAN DALAM RANGKA MEBANGUN BIROKRASI PEMERINTAH YANG EFEKTIF, EFESIEN DAN PROFESIONAL.

SELAIN ITU, SEORANG CAMAT JUGA HARUS TERBUKA ATAS MASUKAN – MASUKAN DARI MASYARAKAT, MEMBANGUN KOMUNIKASI DUA ARAH DENGAN SELURUH KOMPONEN MASYARAKAT SEHINGGA TERCIPTA PEMERINTAHAN YANG MENDAPAT DUKUNGAN DAN DORONGAN DARI SELURUH LAPISAN MASYARAKAT. 

HADIRIN YANG BERBAHAGIA,

TERKAIT DENGAN TUGAS CAMAT SEBAGAI PEMBINA PEMERINTAHAN DESA. SAYA INSTRUKSIKAN KEPADA CAMAT DANAU PARIS, AGAR MEMBINA APARATUR DESA DALAM PENGELOLAAN ANGGARAN DESA, AGAR PENGUNAANNYA EFISIEN, TEPAT SASARAN SEHINGGA BERMANFAAT SEBESAR-BESARNYA UNTUK PENINGKATAN PEREKONOMIAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. KITA TIDAK INGIN APARATUR DESA TERSANGKUT MASALAH HUKUM DI KEMUDIAN HARI KARENA KELALAIAN DALAM PENGELOLAAN ANGGARAN DESA TERSEBUT.

AKHIRNYA SAYA MENYAMPAIKAN UCAPAN TERIMA KASIH KEPADA SAUDARA M. YAKUB, SE, YANG TELAH MELAKSANAKAN TUGAS DAN PENGABDIANNYA DI KECAMATAN DANAU PARIS. SEMOGA SEMAKIN BERPRESTASI LAGI DI TEMPAT TUGAS YANG BARU.

KEPADA SAUDARA, H. ZULHELMI, SE, SAYA UCAPKAN SELAMAT MELAKSANAKAN TUGAS. SAYA SANGAT YAKIN DENGAN SEGUDANG PENGALAMAN SAUDARA DI BIROKRASI PEMERINTAH AKAN DAPAT MEMBAWA PERUBAHAN YANG LEBIH BAIK BAGI KEHIDUPAN MASYARAKAT DANAU PARIS.

        DEMIKIANLAH SAMBUTAN YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN, SEMOGA ALLAH SWT SENANTIASA MEMBIMBING DAN MERIDHOI KITA DALAM MENJALANKAN TUGAS YANG DIEMBANKAN DI PUNDAK KITA MASING – MASING. AMIN.

          TERIMA KASIH ATAS PERHATIAN DAN MOHON MAAF JIKA ADA HAL YANG KURANG BERKENAN.

WABILLAHITAUFIQ WALHIDAYAH,

WASSALAMMUALAIKUM WR, WB.

 

                                                                                                                              BUPATI ACEH SINGKIL

 

 

                                                                                                                             DULMUSRID

SUMBER: HUMAS ACEH SINGKIL