PIDATO BUPATI ACEH SINGKIL PADA ACARA PERGERAKAN MASSA SEBAGAI IMPLEMENTASI KAMPANYE GERMAS DI KABUPATEN ACEH SINGKIL - KAMIS, 06 DESEMBER TAHUN 2018

Pidato Bupati dan Wakil Kamis, 28 Maret 2019 - Oleh redaksi

 

KABUPATEN ACEH SINGKIL


PIDATO BUPATI ACEH SINGKIL
PADA ACARA PERGERAKAN MASSA SEBAGAI IMPLEMENTASI KAMPANYE GERMAS DI KABUPATEN ACEH SINGKIL - KAMIS, 06 DESEMBER TAHUN 2018

BISMILLAHIRRAH MANIRRAHIM,
ASSALAMMUALAIKUM WR.WB,

ALHAMDULILLAHI RABBIL‘ALAMIN, WASHSHALATU WASSALAMU‘ALA ASYRAFIL AMBIA-I WALMURSALIN. WA’ALA ALIHI WASAHBIHI AJMA’IN.
SAYA MENGAJAK KITA SEMUA, UNTUK KEMBALI MEMANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT, KARENA BERKAT LIMPAHAN RAHMAT DAN IZIN-NYA, DI MALAM YANG PENUH BERKAH INI, KITA MASIH DIBERI KESEMPATAN HADIR, GUNA MENGIKUTI ACARA PERGERAKAN MASSA SEBAGAI IMPLEMENTASI KAMPANYE GERMAS TAHUN 2018.
SHALAWAT BERIRING SALAM, SENANTIASA TERCURAH KEPADA NABI MUHAMMAD SAW., DENGAN UCAPAN; “ALLAHUMMA SHALLI ’ALA MUHAMMAD, WA ’ALA ALI MUHAMMAD”. SEMOGA KITA MENDAPAT SYAFA’AT DI YAUMIL AKHIR KELAK. AMIN YARABBAL ALAMIN.
(YTH, MENYESUAIKAN),

1. YTH, WAKIL BUPATI ACEH SINGKIL;

2. YTH, PIMPINAN DPRK ACEH SINGKIL DAN ANGGOTA;
3. YTH, BAPAK DANDIM 0109 ACEH SINGKIL;
4. YTH, BAPAK KAPOLRES ACEH SINGKIL;
5. YTH, BAPAK KEPALA KEJAKSAAN NEGERI SINGKIL;
6. YTH, BAPAK KETUA PENGADILAN NEGERI SINGKIL;
7. YTH, BAPAK KETUA MAHKAMAH SYARI’AH ACEH SINGKIL;
8. YTH, BAPAK KETUA MAJELIS PERMUSYAWARATAN ULAMA (MPU) ACEH SINGKIL;
9. YTH, SAUDARA SEKETRARIS DAERAH/PARA ASISTEN/STAF AHLI BUPATI, KEPALA SKPK, KEPALA LEMBAGA KEISTIMEWAAN DAN KEPALA INSTANSI VERTIKAL, PARA CAMAT DALAM KABUPATEN ACEH SINGKIL, BAPAK IBU UNDANGAN YANG BERBAHAGIA.


HADIRIN UNDANGAN YANG BERBAHAGIA,
SEBAGAIMANA KITA KETAHUI BAHWA PERMASALAHAN KESEHATAN YANG TIMBUL MERUPAKAN AKIBAT DARI PERILAKU HIDUP MASYARAKAT YANG TIDAK SEHAT, MISALNYA KURANGNYA AKTIFITAS FISIK, KECENDRUNGAN MAKAN MAKANAN SIAP SAJI, MENKOMSUMSI MAKANAN DENGAN KADAR GULA, GARAM DAN LEMAK YANG TINGGI, KEBIASAAN MINUM MINUMAN BERALKOHOL DAN KEBIASAAN MEROKOK. FAKTOR RISIKO TERSEBUT MENJADI PENYEBAB UTAMA MUNCULNYA PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM).
OLEH KARENA ITU, GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS) MENJADI MOMENTUM BAGI MASYARAKAT GUNA MEMBUDAYAKAN POLA HIDUP SEHAT. GERMAS HIDUP SEHAT ADALAH SUATU TINDAKAN SISTEMATIS DAN TERENCANA YANG DILAKUKAN SECARA BERSAMA-SAMA OLEH SELURUH KOMPONEN BANGSA DENGAN KESADARAN, KEMAUAN DAN KEMAMPUAN BERPERILAKU SEHAT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP.
PELAKSANAAN GERMAS HIDUP SEHAT HARUS DIMULAI DARI KELUARGA, MULAI DARI PROSES PEMBELAJARAN HINGGA MENUJU KEMANDIRIAN, SEHINGGA DIHARAPKAN TERJADI PERUBAHAN PERILAKU KELUARGA DAN MASYARAKAT, KHUSUSNYA DALAM MENGENALI RISIKO PENYAKIT. HAL INI SESUAI DENGAN PERATURAN MENTERI KESEHATAN NOMOR 39 TAHUN 2016 TENTANG PEDOMAN PENYELENGGARAAN PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA.
KEMAJUAN SUTU BANGSA DITENTUKAN OLEH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA. GENERASI SDM YANG SEHAT DAN BERKUALITAS AKAN LAHIR DARI IBU YANG SEHAT PULA. PROSES TUMBUH KEMBANG ANAK MULAI DARI KANDUNGAN SAMPAI USIA 2 TAHUNYG DIKENAL DENGAN SERIBU HARI PERTAMA KEHIDUPAN ( 1000 HPK), MERUPAKAN PERIODE EMAS YANG PALING MENENTUKAN. JIKA PADA PERIODE ITU TIDAK DI PERHATIKAN DENGAN BAIK DAN BENAR AKIBAT KETIDAK TAHUAN DAN PRILAKU YANG KELIRU TERKAIT, POLA MAKAN, POLA ASUH, POLA KEBERSIHAN DAN LINGKUNGAN SANITASI YANG BURUK MAKA KEMUNGKINAN AKAN MENIMBULKAN MASALAH KESEHATANDAN GIZI, SALAH SATUNYA ADALAH ANAK STUNTING / PENDEK.


HADIRIN YANG SAYA HORMATI,
STUNTING ADALAH MASALAH GIZI KRONIS YANG DISEBABKAN OLEH ASUPAN GIZI YANG KURANG DALAM WAKTU LAMA, UMUMNYA KARENA ASUPAN MAKAN YANG TIDAK SESUAI KEBUTUHAN GIZI. STUNTING TERJADI MULAI DARI DALAM KANDUNGAN DAN BARU TERLIHAT SAAT ANAK BERUSIA DUA TAHUN. MENURUT WHO, DI SELURUH DUNIA, DIPERKIRAKAN ADA 178 JUTA ANAK DI BAWAH USIA LIMA TAHUN PERTUMBUHANNYA TERHAMBAT KARENA STUNTING.
ADAPUN CARA YANG BISA DI LAKUKAN DALAM MENANGULANGI MASALAH STUNTING ADALAH ADA 2 MACAM INTERVENSI YAITU :


PERTAMA, ADALAH INTERVENSI GIZI SPESIFIK. INI MERUPAKAN INTERVENSI YANG DITUJUKAN KEPADA ANAK DALAM 1.000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN (HPK) DAN BERKONTRIBUSI PADA 30% PENURUNAN STUNTING. KERANGKA KEGIATAN INTERVENSI GIZI SPESIFIK UMUMNYA DILAKUKAN PADA SEKTOR KESEHATAN. INTERVENSI INI JUGA BERSIFAT JANGKA PENDEK DIMANA HASILNYA DAPAT DICATAT DALAM WAKTU RELATIF PENDEK.


KEDUA, INTERVENSI GIZI SPESIFIK. DENGAN SASARAN IBU MENYUSUI DAN ANAK USIA 0-6 BULAN. INTERVENSI INI DILAKUKAN MELALUI BEBERAPA KEGIATAN YANG MENDORONG INISIASI MENYUSUI DINI/IMD, TERUTAMA MELALUI PEMBERIAN ASI COLOSTRUM SERTA MENDORONG PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF. INTERVENSI INI MELIPUTI KEGIATAN UNTUK MENDORONG PENERUSAN PEMBERIAN ASI HINGGA ANAK/BAYI BERUSIA 23 BULAN.
OLEH KARENA ITU BESAR HARAPAN KAMI KEPADA SEMUA UNSUR TERKAIT DAN LINTAS SEKTOR DAPAT MENDUKUNG KEGIATAN YANG DILAKUKAN PEMERINTAH KABUPATEN ACEH SINGKIL. SELANJUTNYA MELALUI GERMAS INI JUGA DIHARAPKAN MASYARAKAT SEMAKIN SADAR MENDUKUNG UPAYA MENGATASI MASALAH STUNTING.
AKHIR KATA, MARI KITA BUDAYAKAN HIDUP SEHAT MELALUI PERUBAHAN POLA HIDUP KE ARAH YANG LEBIH SEHAT. MARILAH MENJADIKAN GERMAS SEBAGAI BUDAYA MASYARAKAT, TERUTAMA DARI LINGKUNGAN MASYARAKAT TERKECIL YAKNI KELUARGA KITA. DEMIKIANLAH KATA SAMBUTAN YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN.


= SALAM SEHAT UNTUK KITA SEMUA =
TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA,
WASSALAMUALAIKUM WR. WB.

 

                                                                                                                                                    BUPATI ACEH SINGKIL

 


                                                                                                                                                                   DULMUSRID