PIDATO BUPATI ACEH SINGKIL PADA PEMBUKAAN ACARA BURSA INOVASI KAMPUNG PROGRAM INOVASI DESA (PID) RABU, 12 DES’ TAHUN 2018

Pidato Bupati dan Wakil Kamis, 28 Maret 2019 - Oleh redaksi

 

KABUPATEN ACEH SINGKIL

PIDATO BUPATI ACEH SINGKIL
PADA PEMBUKAAN ACARA BURSA INOVASI KAMPUNG PROGRAM INOVASI DESA (PID)
RABU, 12 DES’ TAHUN 2018

BISMILLAHIRRAH MANIRRAHIM,

ASSALAMMUALAIKUM WR.WB,

ALHAMDULILLAHI RABBIL‘ALAMIN, WASHSHALATU WASSALAMU‘ALA ASYRAFIL AMBIA-I WALMURSALIN. WA’ALA ALIHI WASAHBIHI AJMA’IN.
PERTAMA – TAMA MARILAH KITA PANJATKAN PUJI DAN SYUKUR KE HADIRAT ALLAH SWT, KARENA ATAS LIMPAHAN RAHMAT DAN KARUNIA-NYA KITA DIBERI NIKMAT KESEHATAN UNTUK BISA MENGIKUTI PEMBUKAAN ACARA BURSA INOVASI KAMPUNG PROGRAM INOVASI DESA (PID) TAHUN 2018.
SHALAWAT BERIRING SALAM, SENANTIASA TERCURAH KEPADA NABI MUHAMMAD SAW., DENGAN UCAPAN; “ALLAHUMMA SHALLI ’ALA MUHAMMAD, WA ’ALA ALI MUHAMMAD”. SEMOGA KITA MENDAPAT SYAFA’AT DI YAUMIL AKHIR KELAK. AMIN YARABBAL ALAMIN.


(YTH, MENYESUAIKAN),


1. YTH, WAKIL BUPATI ACEH SINGKIL;

2. YTH, PIMPINAN DPRK ACEH SINGKIL DAN ANGGOTA;
3. YTH, BAPAK DANDIM 0109 ACEH SINGKIL;
4. YTH, BAPAK KAPOLRES ACEH SINGKIL;
5. YTH, BAPAK KEPALA KEJAKSAAN NEGERI SINGKIL;
6. YTH, BAPAK KETUA PENGADILAN NEGERI SINGKIL;
7. YTH, BAPAK KETUA MAHKAMAH SYARI’AH ACEH SINGKIL;
8. YTH, BAPAK KETUA MAJELIS PERMUSYAWARATAN ULAMA (MPU) ACEH SINGKIL;
9. YTH, SAUDARA SEKETRARIS DAERAH/PARA ASISTEN/STAF AHLI BUPATI, KEPALA SKPK, KEPALA LEMBAGA KEISTIMEWAAN DAN KEPALA INSTANSI VERTIKAL SERTA PARA CAMAT DALAM KABUPATEN ACEH SINGKIL;
10. KONSULTAN PENDAMPING WILAYAH P3MD – PID ACEH;
11. SEKRETARIS DAN PARA KABID DALAM WILAYAH KABUPATEN ACEH SINGKIL;

12. CAMAT DALAM WILAYAH KABUPATEN ACEH SINGKIL;

13. KEUCHIK DAN KETUA BADAN PERMUSYAWARATAN KAMPUNG DALAM WILAYAH KABUPATEN ACEH SINGKIL;

14. INSAN PERS, LSM, PERBANKAN DAN PELAKU DUNIA USAHA;

15. PARA TENAGA PENDAMPING P3MD SE-KABUPATEN ACEH SINGKIL YANG KAMI BANGGAKAN, DAN;

16. PANITIA PELAKSANA KEGIATAN YANG TELAH BERUSAHA KERAS MEWUJUDKAN TERLAKSANANYA KEGIATAN INI.

SAUDARA-SAUDARA HADIRIN YANG BERBAHAGIA.


PADA AKHIR TAHUN 2017, KEMENTERIAN DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI MENCANANGKAN SEBUAH TEROBOSAN BARU DALAM RANGKA MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DI DAERAH PEDESAAN. TEROBOSAN TERSEBUT DILAKUKAN UNTUK MELECUT PERCEPATAN DAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA DESA. SEGALA LANGKAH YANG DILAKUKAN KEMUDIAN DIRANGKUM DALAM SEBUAH RANCANGAN YANG DINAMAKAN PROGRAM INOVASI DESA (PID).
PROGRAM INOVASI DESA BISA MUNCUL DIKARENAKAN SELAMA INI BERBAGAI PROGRAM DI DESA MASIH DIANGGAP KURANG VARIATIF DAN BELUM BERKEMBANG. PADAHAL, POTENSI MASYARAKAT DAN SUMBER DAYA ALAM DI DESA, DIYAKINI MAMPU MENCIPTAKAN BANYAK PERUBAHAN. HANYA MEMBUTUHKAN PROGRAM-PROGRAM YANG LEBIH FRESH DARI BERBAGAI GAGASAN ATAU IDE KREATIF, MAKA INOVASI DESA BUKANLAH SEBUAH HAL YANG MUSTAHIL.


SEJAK PID MUNCUL DI PERMUKAAN, PROGRAM INI MENJADI PERBINCANGAN HANGAT DI TENGAH-TENGAH MASYARAKAT DESA. MASYARAKAT SENANTIASA BERTANYA-TANYA SEGALA HAL YANG BERKAITAN DENGAN INOVASI DESA, SEBESAR HARAPAN YANG INGIN MEREKA RASAKAN DARI MANFAAT PROGRAM INOVASI DESA, TERUTAMA DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA.


SAUDARA-SAUDARA HADIRIN YANG BERBAHAGIA,
INOVASI DESA BERTUJUAN UNTUK MENDONGKRAK DAN MEMBANGKITKAN SEMANGAT DALAM MELAKUKAN HAL-HAL TERKAIT PEMBANGUNAN DESA. SELAIN BUTUH KREATIVITAS SERAYA MENGGALI POTENSI SUMBER DAYA MANUSIA MAUPUN ALAM, RASA OPTIMIS JUGA SANGAT DIPERLUKAN SUPAYA SEMANGAT ITU TERUS MEMBARA SETIAP WAKTU. RASA OPTIMIS JUGA BISA MENJADI BAHAN BAKAR GUNA MEMULAI SEBUAH INOVASI DESA.


PERLU DIKETAHUI BAHWA, MANFAAT PROGRAM INOVASI DESA ITU SESUNGGUHNYA ADALAH :
PERTAMA, MENGGALI POTENSI SUMBER DAYA ALAM DAN SUMBER DAYA MANUSIA DI DESA. KITA PANTAS BERSYUKUR BAHWA ALLAH SWT TELAH MENGKARUNIAI DAERAH KITA INI DENGAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM YANG BEGITU BERPOTENSI. BAHKAN, KALAU DIBANDINGKAN DAERAH LAIN, KEKAYAAN ALAM YANG KITA MILIKI JAUH LEBIH BANYAK. SEBUT SAJA POTENSI PERIKANAN, PARAWISATA, PERKEBUNAN BAHKAN SAMPAI SUMBER DAYA ALAM SUNGAI KITA, BERUPA “LOKAN” YANG DI DAERAH LAIN BELUM TENTU ADA.
NAMUN, POTENSI SDA HANYA AKAN TERONGGOK SIA-SIA TANPA POTENSI SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) YANG UNGGUL. ITULAH MENGAPA MASYARAKAT DAN PEMERINTAH SERTA PIHAK TERKAIT PERLU MENCANANGKAN PROGRAM INOVASI DESA (PID) LEBIH DULU, SEBAGAI UPAYA AWAL UNTUK MENDIDIK DAN MELATIH MASYARAKAT MAMPU MENGOLAH SDA SECARA MAKSIMAL DENGAN CARA YANG BAIK.
MANFAAT KEDUA ADALAH, MASYARAKAT BISA BERGERAK LEBIH MASSIF. KARENA MELALUI PID, MASYARAKAT DESA BISA MENDAPATKAN PENGETAHUAN YANG SEMULA BERSIFAT INDIVIDUAL MENJADI SEBUAH ILMU YANG DAPAT DISEBARLUASKAN. DENGAN BEGITU, MASYARAKAT DIHARAPKAN MAMPU BERGERAK LEBIH MASSIF DENGAN MEMPRAKTEKKAN ILMU PENGETAHUAN DAN PELATIHAN YANG DIDAPATKAN.


SELANJUTNYA, MANFAAT KETIGA PROGRAM INOVASI DESA ADALAH TERCAPAINYA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT YANG MENINGKAT. SEPERTI YANG TELAH DISAMPAIKAN SEBELUMNYA BAHWA TUJUAN DILAKUKANNYA SEBUAH INOVASI ADALAH PEMBAHARUAN YANG BISA MEMBAWA KEMAJUAN BAGI PARA PELAKUNYA YANG AKHIRNYA DAPAT MEWUJUDKAN KEMAKMURAN.
DAN MANFAAT KEEMPAT, YANG DIPORELEH DARI PROGRAM INOVASI DESA INI ADALAH MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA. SEIRING TERUS BERLANGSUNGNYA PROGRAM INOVASI DESA, MAKA PEMERINTAH PUN MENGUCURKAN DANA LEBIH PADA PENDAPATAN ASLI DESA GUNA MENDUKUNG SUKSESNYA PELAKSANAAN PID. APALAGI JIKA PEMERINTAH MERASA PEMANFAATAN DANA DESA TERASA MAKSIMAL, MAKA PENDAPATAN ASLI DESA BISA KIAN MENINGKAT.


OLEH KARENA ITU, KAMI SELAKU BUPATI ACEH SINGKIL SANGAT MENDUKUNG KEGIATAN BURSA INOVASI KAMPUNG PROGRAM INOVASI DESA HARI INI. TAHUN 2018 INI MERUPAKAN TAHUN KEDUA PELAKSANAAN PROGRAM INOVASI DESA (PID).
OLEH SEBAB ITU, TAHUN KEDUA INI HARUSNYA LEBIH BAIK DAN MENDATANGKAN MANFAAT YANG SEBESAR-BESARNYA BAGI MASYARAKAT DESA. KEGIATAN INI, JANGAN HANYA MENJADI SEBUAH KEGIATAN FORMALITAS BELAKA. KITA HARUS MAMPU MENGEVALUASI PROGRAM INOVASI DESA PADA TAHUN PERTAMA, APAKAH SUDAH MEMBERIKAN MANFAAT YANG SEBESAR – BESARNYA BAGI MASYARAKAT. SEHINGGA HASIL EVALUASI ITU MENJADI BAHAN RUJUKAN BAGI PROGRAM INOVASI DESA TAHUN BERIKUTNYA.
KAMI INGATKAN KEPADA SELURUH KEPALA KAMPUNG DAN KETUA BPK YANG HADIR PADA HARI INI, AGAR MENDUKUNG PROGRAM INOVASI DESA INI DENGAN MENGANGGARKAN KEGIATAN DALAM APB-KAM MASING-MASING SESUAI YANG NANTINYA AKAN DI TULISKAN DI KARTU KOMITMEN BURSA INOVASI KAMPUNG PADA HARI INI.


SELANJUTNYA KAMI JUGA MENGHARAPKAN PARA PELAKU TEKNIS DISEMUA TINGKATAN BESERTA PEMERINTAH KAMPUNG DAN KELEMBAGAAN LAIN YANG ADA DI KAMPUNG, DAPAT MELAKUKAN LANGKAH-LANGKAH SINERGISITAS PROGRAM DALAM HAL PERENCANAAN DAN HARUS MENJADI KOMITMEN BERSAMA. SEHINGGA KUALITAS PERENCANAAN DAPAT LEBIH BAIK DAN MENYENTUH LANGSUNG MASYARAKAT TERUTAMA DALAM HAL PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM SECARA MAKSIMAL YANG BERTUJUAN UNTUK PENINGKATAN KEMAKMURAN MASYARAKAT KAMPUNG.
BAPAK/IBU UNDANGAN YANG BERBAHAGIA,


DEMIKIAN BEBERAPA ARAHAN YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN. AKHIRNYA DENGAN MENGUCAPKAN BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM, “BURSA INOVASI KAMPUNG PROGRAM INOVASI DESA (PID) KABUPATEN ACEH SINGKIL TAHUN 2018”, DENGAN RESMI SAYA NYATAKAN DIBUKA. . SEMOGA ALLAH SWT SENANTIASA MEMBERIKAN RAHMAD DAN HIDAYAHNYA. AMIN YAA RABBAL 'ALAMIN.

TERIMA KASIH ATAS SEGALA PERHATIAN. WASSALAMUALAIKUM WR.WB.

 

                                                                                                                                        BUPATI ACEH SINGKIL

 

                                                                                                                                             DULMUSRID