PIDATO BUPATI ACEH SINGKIL DALAM RANGKA PEMBUKAAN PAGELARAN SENI DAN BUDAYA SERTA PAMERAN PEMBANGUNAN DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI JADI KABUPATEN ACEH SINGKIL KE 20 TAHUN 2019 - RABU, 24 APRIL 2019

Pidato Bupati dan Wakil Rabu, 15 Mei 2019 - Oleh redaksi

 


KABUPATEN ACEH SINGKIL

PIDATO BUPATI ACEH SINGKIL
DALAM RANGKA PEMBUKAAN PAGELARAN SENI DAN BUDAYA SERTA PAMERAN PEMBANGUNAN DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI JADI KABUPATEN ACEH SINGKIL KE 20 TAHUN 2019 - RABU, 24 APRIL 2019

 

BISMILLAHIRRAH MANIRRAHIM,
ASSALAMMUALAIKUM WR.WB,
SALAM SEJAHTERA UNTUK KITA SEMUA

 

ALHAMDULILLAHHIRRABIL ‘ALAMIN WASSHALA TUWASSHALA MU’ALA ASHRAFIL AMBIYA IWALMURSALIN WA’ALA ALIHI WASHABIHI AZMA’IN, AMMA BA’DU,


DALAM SUASANA KEBAHAGIAN INI, SAYA MENGAJAK KITA SEMUA UNTUK SENANTIASA MEMANJATKAN PUJI SYUKUR KE HADIRAT ALLAH SWT, KARENA ATAS LIMPAHAN RAHMAT DAN HIDAYAHNYA, KITA MASIH DIBERI NIKMAT KESEHATAN, KEKUATAN DAN KESEMPATAN UNTUK HADIR PADA PEMBUKAAN PAGELARAN SENI DAN BUDAYA SERTA PAMERAN PEMBANGUNAN DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI JADI KABUPATEN ACEH SINGKIL KE 20 TAHUN 2019.
SALAWAT DAN TASLIM KITA SAMPAIKAN KEPADA RASULULLAH SAW, ATAS KEPEMIMPINAN BELIAU YANG TETAP MENJADI SURI TAULADAN, SEHINGGA MENJADIKAN KITA UMMAT MANUSIA YANG TERBAIK SEPANJANG ZAMAN DAN MEMBAWA RAHMAT BAGI ALAM SEMESTA.
( YTH, MENYESUAIKAN )


1. YTH, WAKIL BUPATI ACEH SINGKIL;
2. YTH, PIMPINAN DAN ANGGOTA DPRK ACEH SINGKIL;
3. YTH, BAPAK DANDIM 0109 ACEH SINGKIL;
4. YTH, BAPAK KAPOLRES ACEH SINGKIL;
5. YTH, BAPAK KEPALA KEJAKSAAN NEGERI SINGKIL;
6. YTH, BAPAK KETUA PENGADILAN NEGERI SINGKIL;
7. YTH, BAPAK KETUA MAHKAMAH SYARI’AH SINGKIL;
8. YTH, BAPAK KETUA MAJELIS PERMUSYAWARATAN ULAMA ( MPU ) ACEH SINGKIL;
9. YTH, SAUDARA SEKDA, PARA ASISTEN/STAF AHLI BUPATI/ KEPALA SKPK/KEPALA LEMBAGA KEISTIMEWAAN/KEPALA INSTANSI VERTIKAL, PARA CAMAT DAN KEPALA BAGIAN.

10. YTH, PARA TOKOH MASYARAKAT, TOKOH AGAMA, TOKOH PEMUDA DAN TOKOH PEREMPUAH, PARA INSAN PERS DAN BAPAK/IBU UNDANGAN YANG BERBAHAGIA.


MENGAWALI PENYAMPAIAN PIDATO INI, PERKENANKAN SAYA MENYAMPAIKAN TERIMA KASIH DAN APRESIASI SETINGGI-TINGGINYA KEPADA SEMUA PIHAK BAIK PIMPINAN MAUPUN ANGGOTA DEWAN YANG TERHORMAT, APARATUR PEMERINTAH, TOKOH MASYARAKAT, ALIM ULAMA DAN CENDEKIAWAN SERTA SELURUH ELEMEN MASYARAKAT KABUPATEN ACEH SINGKIL YANG TELAH MENDORONG TERBANGUNNYA SUASANA KONDUSIF DI BUMI SYECH ABDURRAUF AS-SINGKILY INI.


SELANJUTNYA SAYA PERLU MENYAMPAIKAN RASA BANGGA DAN BAHAGIA KITA SELAKU MASYARAKAT YANG TELAH MAMPU MENSUKSESKAN SATU AGENDA NASIONAL PADA TANGGAL 17 APRIL 2019, YAITU PEMILIHAN UMUM UNTUK MEMILIH PRESIDEN/WAKIL PRESIDEN DAN ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT SERTA ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN DAERAH SECARA SERENTAK, YANG TELAH BERLANGSUNG AMAN, DAMAI, LANCAR DAN TERTIB. INI MEMBUKTIKAN BAHWA SELURUH ELEMEN MASYARAKAT ACEH SINGKIL TELAH MATANG DAN DEWASA DALAM MEMBANGUN FATSUN POLITIK YANG SANTUN, BERETIKA DAN PENUH KEBERADABAN.
BAPAK/IBU UNDANGAN YANG BERBAHAGIA,


TIDAK TERASA SUDAH DUA DEKADE KITA BERSAMA – SAMA DALAM SUASANA SUKA, GEMBIRA DAN BAHKAN DUKA MENATA KEHIDUPAN SEBAGAI SEBUAH DAERAH YANG OTONOM SEJAK TANGGAL 27 APRIL TAHUN 1999. KITA MENYADARI USIA 20 TAHUN BAGI KABUPATEN ACEH SINGKIL MENYIMPAN BANYAK KISAH DAN PERISTIWA YANG PENUH DENGAN PERJUANGAN, TANTANGAN DAN HAMBATAN YANG TENTUNYA AKAN MEMBUAT KITA SEMAKIN MATANG DAN DEWASA.


PERINGATAN HARI JADI KABUPATEN ACEH SINGKIL TAHUN INI KITA KEMAS LEBIH SEDERHANA TAPI PRODUKTIF, KREATIF DAN MENGHIBUR TANPA MENGURANGI MAKNA DAN SUBTANSI DARI PERINGATAN HARI JADI ITU SENDIRI. ADA BERBAGAI KEGIATAN YANG AKAN KITA LAKSANAKAN ANTARA LAIN, PAMERAN PEMBANGUNAN, KEGIATAN MAKAN BERSAMA DENGAN RIBUAN ANAK YATIM, TABLIGH AKBAR DAN HIBURAN BERNUANSA ISLAM SERTA FESTIVAL HIBURAN RAKYAT DENGAN MENAMPILKAN SENI BUDAYA KHAS ACEH SINGKIL.
UNTUK MELAKSANAKAN SELURUH RANGKAIAN KEGIATAN TERSEBUT KITA PUSATKAN PADA TIGA LOKASI YANG BERBEDA YAITU UNTUK KEGIATAN PAMERAN PEMBANGUNAN DAN PAGELARAN SENI BUDAYA KHAS ACEH SINGKIL DIPUSATKAN DI LAPANGAN MERIAM SIPOLI KECAMATAN GUNUNG MERIAH.


KEGIATAN TABLIGH AKBAR DAN HIBURAN BERNUANSA ISLAM LAINNYA DILAKSANAKAN DI LAPANGAN ALUN – ALUN PULO SARO KECAMATAN SINGKIL DAN UNTUK UPACARA MEMPERINGATI HUT ACEH SINGKIL KE 2O TAHUN 2019, YANG JATUH PADA TANGGAL 27 APRIL 2019 DAN MAKAN BERSAMA RIBUAN ANAK YATIM DILAKSANAKAN DI STADION KASIM TAGOK KETAPANG INDAH KECAMATAN SINGKIL UTARA. SEMUA INI KITA LAKUKAN BERDASARKAN BERBAGAI MASUKAN DARI BERBAGAI PIHAK, SEPERTI FORKOPIMDA, PARA TOKOH MASYARAKAT DAN BERBAGAI KOMPONEN MASYARAKAT ACEH SINGKIL.


TEMA PERINGATAN HUT ACEH SINGKIL KE 20 TAHUN 2019 INI YAITU, “MELALUI HUT KABUPATEN ACEH SINGKIL KE 20 TAHUN 2019, KITA PERKUAT PERSATUAN DENGAN KEBERAGAMAN BUDAYA “.


TEMA INI TELAH MENGINSPIRASI SEMUA PIHAK UNTUK BERSAMA- SAMA MENGUKIR DAN MEMAKNAI SEJARAH KEHIDUPAN DAN KEBANGKITAN KEMBALI KABUPATEN ACEH SINGKIL DALAM RANGKA MERAIH KEMAJUAN, KEMANDIRIAN MEMBANGKITKAN SEMANGAT SELURUH MASYARAKAT KABUPATEN ACEH SINGKIL AGAR MENCINTAI SEJARAH DAN BUDAYA SERTA TRADISI DAERAH YANG LUHUR SESUAI DENGAN JATI DIRI DAN KEPRIBADIAN YANG DIAJARKAN OLEH PARA PEJUANG NEGERI INI.
BAPAK/IBU YANG SAYA HORMATI,


MELALUI KESEMPATAN TERHORMAT INI, SEKILAS SAYA AKAN MENGAJAK SEMUA HADIRIN UNTUK MELAKUKAN KILAS BALIK (FLASH BACK) PENYELENGGARAAN HARI ULANG TAHUN KABUPATEN ACEH SINGKIL YANG SELALU KITA RAYAKAN PADA TANGGAL 27 APRIL SETIAP TAHUN, SEKALIGUS MENYAMPAIKAN KONSEPSI BERFIKIR DAN PARADIGMA YANG KITA KEMBANGKAN DALAM KONTEKS PEMBANGUNAN DAN PEMERINTAHAN KEDEPAN.


SEIRING BERJALANNYA WAKTU, TIDAK TERASA PADA HARI INI, KAMI SUDAH BERADA PADA TAHUN KEDUA PENGABDIAN SEBAGAI BUPATI DAN WAKIL BUPATI, SEJAK KAMI DIAMANAHKAN PADA TANGGAL 21 JULI 2017. SAAT INI PROSES PEMBANGUNAN SEDANG MENUJU MOMEN PENEGUHAN KEMBALI IDENTITAS DAN EKSISTENSI DIRI. PEMERINTAH DAN MASYARAKAT BERSATU DALAM IRAMA LANGKAH YANG PADU MEMBANGUN DAERAH INI DENGAN KEKUATAN DAN KEUNGGULAN YANG DIMILIKI, BERSAMA-SAMA BEKERJA DAN BEKERJA SAMA BAHU-MEMBAHU UNTUK KEPENTINGAN MASYARAKAT.
SEBAGAI MASYARAKAT KITA WAJIB BERSYUKUR DENGAN MENJADIKAN HARI KELAHIRAN ACEH SINGKIL SEBAGAI SEBUAH INSPIRASI DAN MOTIVASI UNTUK MENGISI KEMBALI SETIAP DETIK PERJUANGAN KEHIDUPAN DAERAH INI DENGAN KARYA DAN PRESTASI, LALU KITA BINGKAI CATATAN PERJALANAN HARI INI DAN KE DEPAN DENGAN KERJA-KERJA PRODUKTIF DEMI MERAIH CITA-CITA DAN HARAPAN AKAN MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK.


AKHIRNYA SAYA MENGAJAK SELURUH KOMPONEN MASYARAKAT ACEH SINGKIL UNTUK MENJADIKAN HARI JADI KABUPATEN ACEH SINGKIL TAHUN INI SEBAGAI MOMENTUM BERSAMA UNTUK KITA SEGERA BANGKIT, BERGERAK LEBIH CEPAT AGAR CITA – CITA KITA MENJADI DAERAH YANG MAJU DAN BERKEMBANG DAN TERBEBAS DARI PREDIKAT DAERAH TERTINGGAL SEGERA DAPAT KITA WUJUDKAN.
BAPAK/IBU YANG SAYA HORMATI,
DEMIKIAN SAMBUTAN YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN. AKHIRNYA DENGAN MENGHARAP RIDHA ALLAH SWT DAN DENGAN MEMBACA BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM, PEMBUKAAN PAGELARAN SENI DAN BUDAYA SERTA PAMERAN PEMBANGUNAN DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI JADI KABUPATEN ACEH SINGKIL KE 20 TAHUN 2019, SECARA RESMI KITA MULAI.
TERIMA KASIH ATAS PERHATIAN DAN MOHON MAAF JIKA ADA HAL YANG KURANG BERKENAN.
WABILLAHITAUFIQ WALHIDAYAH
WASSALAMMUALAIKUM WR, WB.


BUPATI ACEH SINGKIL

 


DULMUSRID