PIDATO BUPATI ACEH SINGKIL PADA UPACARA MEMPERINGATI HARI JADI KABUPATEN ACEH SINGKIL KE 20, SABTU 27 APRI 2019

Pidato Bupati dan Wakil Rabu, 15 Mei 2019 - Oleh redaksi

 KABUPATEN ACEH SINGKIL

 


PIDATO BUPATI ACEH SINGKIL

PADA  UPACARA MEMPERINGATI HARI JADI KABUPATEN ACEH SINGKIL KE 20,  SABTU 27 APRIL 2019

 


BISMILLAHIRRAH MANIRRAHIM,

ASSALAMMUALAIKUM WR.WB,

SALAM SEJAHTERA UNTUK KITA SEMUA

ALHAMDULILLAHHIRRABIL ‘ALAMIN WASSHALA TUWASSHALA MU’ALA ASHRAFIL AMBIYA IWALMURSALIN WA’ALA ALIHI WASHABIHI AZMA’IN, AMMA BA’DU,

 

PERTAMA-TAMA SAYA MENGAJAK MARILAH KITA SEMUA UNTUK SENANTIASA MEMANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT / TUHAN YANG MAHA ESA, KARENA ATAS RAHMAT DAN KARUNIA-NYALAH PADA PAGI YANG BERBAHAGIA INI KITA MASIH DALAM KEADAAN SEHAT WAL ‘AFIAT  DAPAT MENGHADIRI UPACARA HARI JADI KABUPATEN ACEH SINGKIL KE 20 TAHUN 2019.

KEMUDIAN SHALAWAT BERIRING SALAM TIDAK LUPA KITA  SAMPAIKAN KEPADA JUNJUNGAN ALAM NABI BESAR MUHAMMAD SAW, SEMOGA KITA SEMUA MENDAPATKAN SYAFA’AT BELIAU DI YAUMIL AKHIR KELAK.

 (YTH, MENYESUAIKAN)

 

1.      YTH, MANTAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI ACEH SINGKIL DAN MANTAN PJ DAN Plt. BUPATI ACEH SINGKIL; 

2.      YTH, BAPAK/IBU/SAUDARA (I) PENGURUS HMSS JAKARTA, BANDA ACEH SERTA MEDAN YANG BERKENAN HADIR, YANG TIDAK DAPAT KAMI SEBUTKAN SATU PERSATU;

3.      YTH, UNSUR PIMPINAN DAN ANGGOTA DPRK ACEH SINGKIL;

4.      YTH, BAPAK DANDIM 0109 ACEH SINGKIL;

5.      YTH, BAPAK KAPOLRES ACEH SINGKIL;

6.      YTH, BAPAK KEPALA KEJAKSAAAN NEGERI SINGKIL;

7.      YTH, BAPAK KETUA PENGADILAN NEGERI SINGKIL;

8.      YTH, BAPAK KETUA MAHKAMAH SYARI’AH SINGKIL;

9.      YTH, KETUA MAJELIS PERMUSYAWARATAN ULAMA KABUPATEN ACEH SINGKIL;

10.   YTH, SAUDARA SEKDA, PARA ASISTEN/STAF AHLI BUPATI/PARA KEPALA SKPK, KEPALA INSTANSI VERTIKAL, KEPALA LEMBAGA KEISTIMEWAAN, PARA CAMAT, KEPALA BAGIAN DAN PARA MUKIM DAN KEPALA DESA DALAM KABUPATEN ACEH SINGKIL;

11.   YTH, PIMPINAN PERUSAHAAN-PERUSAHAAN SWASTA   NASIONAL ATAU MULTINASIONAL, KEPALA BADAN USAHA MILIK NEGARA DAN DAERAH;

12.   YTH, PIMPINAN DAN PENGURUS ORGANISASI KEMASYARAKATAN, ORGANISASI KEAGAMAAN, ORGANISASI KEPEMUDAAN, ORGANISASI PEREMPUAN SERTA PENGURUS HIMPUNAN PELAJAR/MAHASISWA ACEH SINGKIL (HIPMASIL) DAN HIMPUNAN MAHASISWA DAN PELAJAR SUMATERA UTARA ( HIMPAS – SU )

13.   YTH, TOKOH MASYARAKAT, PARA ALIM ULAMA, TOKOH PEMUDA, TOKOH PEREMPUAN DAN PARA INSAN PERS;

14.   YANG KAMI BANGGAKAN ANAK-ANAK KAMI DARI SEKOLAH-SEKOLAH YANG BERHADIR, SERTA PARA HADIRIN-HADIRAT UNDANGAN DAN PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA.

 


MENGAWALI SAMBUTAN INI SAYA MENYAMPAIKAN RASA BANGGA DAN UCAPAN TERIMA KASIH KEPADA SELURUH LAPISAN MASYARAKAT YANG TELAH MAMPU MENSUKSESKAN SATU AGENDA NASIONAL PADA TANGGAL  17 APRIL 2019 YANG LALU,  YAITU PEMILIHAN UMUM UNTUK MEMILIH PRESIDEN/WAKIL PRESIDEN DAN ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT SERTA ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN DAERAH SECARA SERENTAK, YANG TELAH  BERLANGSUNG AMAN, DAMAI, LANCAR DAN TERTIB. INI MEMBUKTIKAN BAHWA SELURUH ELEMEN MASYARAKAT ACEH SINGKIL TELAH MATANG DAN DEWASA DALAM MEMBANGUN PILIHAN POLITIK YANG SANTUN, BERETIKA DAN PENUH KEBERADABAN.

BAPAK/IBU PARA UNDANGAN DAN PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA,

SEIRING BERJALANNYA WAKTU, TIDAK TERASA KABUPATEN ACEH SINGKIL HARI INI, TEPAT BERUSIA YANG KE 20.  SUDAH DUA DEKADE KITA BERSAMA – SAMA DALAM SUASANA SUKA, GEMBIRA DAN BAHKAN DUKA MENATA KEHIDUPAN SEBAGAI SEBUAH DAERAH YANG OTONOM SEJAK TANGGAL 27 APRIL TAHUN 1999. KITA MENYADARI USIA 20 TAHUN BAGI KABUPATEN ACEH SINGKIL MENYIMPAN BANYAK KISAH DAN PERISTIWA YANG PENUH DENGAN PERJUANGAN, TANTANGAN DAN HAMBATAN YANG TENTUNYA AKAN MEMBUAT KITA SEMAKIN MATANG DAN DEWASA.

SEJAK TAHUN PERTAMA PEMERINTAHAN, KAMI TELAH BERTEKAD UNTUK MEMULAI  LEMBARAN PEMERINTAHAN DAN PEMBANGUNAN DENGAN SPIRIT BERSAMA UNTUK BANGKIT DARI KETERPURUKAN DENGAN MENGAJAK SEMUA KITA MENAMBAH LAJU ATAU KECEPATAN DALAM BEKERJA UNTUK MEMBANGUN DAERAH INI.  MAKA DALAM SATU TAHUN PERJALANAN, KITA  MASIH MELAKUKAN KONSOLIDASI INTERNAL DAN MEMBERIKAN PENGUATAN, INTERVENSI SERTA MERUBAH PARADIGMA BERFIKIR KITA DENGAN SELALU MENGINGATKAN PADA SATU KATA KUNCI KEMAJUAN YAITU “CHANGE“ ATAU “PERUBAHAN”.

KARENA KITA MENYADARI BAHWA PERUBAHAN SECARA INDIVIDU ATAUPUN BERSAMA-SAMA PADA POLA PIKIR DAN CARA MEMANDANG KEHIDUPAN AKAN SANGAT MENENTUKAN ARAH DAN ORIENTASI KITA DALAM BEKERJA DAN MEMBANGUN DAERAH INI. KARENA ITU, SEBAGAI KONSEKUENSI LOGIS DARI PERUBAHAN TERSEBUT DIPERLUKAN KEMAMPUAN YANG CERDAS DAN CERMAT DALAM MEMANDANG DIRI DAN LINGKUNGAN KITA, MENGENALI KEMAMPUAN DAN KELEMAHAN YANG KITA MILIKI, MENDAYAGUNAKAN POTENSI DAN KESEMPATAN YANG ADA MELALUI PERENCANAAN YANG AKURAT DAN TERUKUR.

OLEH KARENANYA, SETIAP MOMENTUM HARI JADI KABUPATEN, KAMI YAKIN AKAN ADA SEMACAM DAYA DORONG ATAU MOTIVASI DARI SELURUH MASYARAKAT DAN PEMANGKU KEPENTINGAN (SHARE HOLDER) PEMBANGUNAN DI DAERAH INI UNTUK BERPACU MEMBANGUN DENGAN BEKERJA CEPAT, LEBIH CERDAS DAN GIAT SEHINGGA TERJADI PERCEPATAN DALAM BERBAGAI SEKTOR PEMBANGUNAN.

MAKA SUNGGUH TEPAT TEMA TAHUN INI BAHWA “MELALUI HARI JADI KABUPATEN ACEH SINGKIL KE 2O, KITA PERKUAT PERSATUAN DENGAN KEBERAGAMAN BUDAYA” SEHINGGA SEMAKIN MENUMBUHKAN DAN MENINGKATKAN SEMANGAT KEBERSAMAAN DAN PERSATUAN KITA SEMUA DALAM BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN DENGAN MEMANFAATKAN POTENSI-POTENSI DAERAH YANG KITA MILIKI AGAR KABUPATEN ACEH SINGKIL SEMAKIN  MEMILIKI DAYA SAING TINGGI YANG AKHIRNYA DAPAT SEJAJAR DENGAN DAERAH LAINNYA.

SEBAGAI MASYARAKAT KITA WAJIB BERSYUKUR DENGAN MENJADIKAN HARI KELAHIRAN ACEH SINGKIL SEBAGAI SEBUAH INSPIRASI DAN MOTIVASI UNTUK MENGISI KEMBALI SETIAP DETIK PERJUANGAN KEHIDUPAN DAERAH INI DENGAN KARYA DAN PRESTASI, LALU KITA BINGKAI CATATAN PERJALANAN HARI INI DAN KE DEPAN DENGAN KERJA-KERJA PRODUKTIF DEMI MERAIH CITA-CITA DAN HARAPAN AKAN MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK.

 

BAPAK/IBU PARA UNDANGAN DAN PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA,

PELAKSANAAN HARI JADI KABUPATEN ACEH SINGKIL TERJADI BEBERAPA PENYESUAIAN DIBANDING DENGAN PELAKSANAAN SEBELUMNYA. MISALNYA TEMPAT LOKASI PERAYAAN YANG SENGAJA KITA PUSATKAN DI TIGA TITIK LOKASI YAKNI, LAPANGAN MERIAM SIPOLI KECAMATAN GUNUNG MERIAH, KEMUDIAN LAPANGAN ALUN- ALUN DESA PULO SAROK KECAMATAN SINGKIL DAN STADION KASIM TAGOK KETAPANG INDAH KECAMATAN SINGKIL UTARA. SEMUA INI BERDASARKAM MASUKAN DARI UNSUR FORKOPIMDA, TOKOH – TOKOH MASYARAKAT DAN JUGA MENDENGAR ASPIRASI MASYARAKAT.

PERAYAAN TAHUN INI JUGA KITA LAKSANAKAN MAKAN BERSAMA DENGAN RIBUAN ANAK YATIM. INI TIDAK LAIN SEBAGAI BENTUK UPAYA PEMERINTAH KABUPATEN ACEH SINGKIL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAKSANAAN HARI JADI KABUPATEN ACEH SINGKIL SEHINGGA BISA DIRASAKAN MANFAATNYA OLEH SELURUH LAPISAN MASYARAKAT.

 

DENGAN BERBAGAI KEGIATAN DAN EVENT, BAIK YANG DIRANCANG OLEH PANITIA MAUPUN YANG DILAKSANAKAN MASING-MASING SKPK, SEMUANYA TETAP TERANGKUM DALAM SATU TUJUAN DALAM RANGKA MENUMBUHKAN KESADARAN BERSAMA DAN RASA MEMILIKI TERHADAP SEJARAH BERDIRINYA KABUPATEN ACEH SINGKIL YANG KITA CINTAI INI.

 

SEBELUM MENGAKHIRI SAMBUTAN, SAYA INGIN MENYAMPAIKAN UCAPAN TERIMA KASIH KEPADA :

PEJUANG-PEJUANG KABUPATEN ACEH SINGKIL YANG TELAH BERJASA MENDORONG LAHIRNYA KABUPATEN ACEH SINGKIL.  PADA MOMEN YANG BERSEJARAH INI SAYA JUGA MENGAJAK KITA SEMUA UNTUK MEMANJATKAN DOA KEPADA PARA PEJUANG ACEH SINGKIL YANG TELAH WAFAT. SEMOGA JASA MEREKA MENJADI SEMANGAT KITA UNTUK MENERUSKAN PEMBANGUNAN INI DAN SEMOGA ALLAH SWT MENERIMA AMAL DAN PAHALA MEREKA. AMIN YARABBAL ‘ALAMIN.  

SELANJUTNYA UCAPAN TERIMA KASIH JUGA SAYA SAMPAIKAN KEPADA PARA TOKOH MASYARAKAT YANG ADA DI SELURUH INDONESIA, PARA MANTAN PEJABAT DI KABUPATEN ACEH SINGKIL YANG SEKARANG MELAKSANAKAN TUGAS DI LUAR ACEH SINGKIL DAN JUGA PARA PENGURUS HMSS SELURUH INDONESIA YANG BERKENAN HADIR BERSAMA-SAMA KITA DISINI.

KEMUDIAN UCAPAN TERIMA KASIH JUGA SAYA SAMPAIKAN KEPADA IBU YULIANA RUSLI ( IBU ANA) BERSAMA TEMAN-TEMAN KARENA TELAH MAMPU MENJADI KREATOR DALAM HUT ACEH SINGKIL KE 20 TAHUN 2019 INI. TERNYATA PUTRA – PUTRI DAERAH KITA MAMPU JUGA MENYUGUHKAN TAMPILAN DAN HIBURAN YANG MEMPESONA BAGI MASYARAKAT.

KEPADA PERUSAHAAN–PERUSAHAAN SWASTA, HGU, PIHAK BANK SWASTA, BPJS SERTA SELURUH SKPK, CAMAT YANG IKUT BERKONTRIBUSI MENYUKSESKAN HUT ACEH SINGKIL DAN TERAKHIR UCAPAN TERIMA KASIH JUGA SAYA SAMPAIKAN KEPADA SEGENAP LAPISAN MASYARAKAT ACEH SINGKIL YANG TIDAK BISA SAYA SEBUTKAN SATU PERSATU.

BAPAK/IBU PARA UNDANGAN, PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA,

DEMIKIAN YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN, KEPADA ALLAH JUALAH KITA BERSERAH DIRI SERAYA MEMOHON PETUNJUK DAN KEKUATANNYA  DALAM SETIAP IKHTIAR DAN DOA YANG KITA HANTARKAN GUNA MENGISI PEMBANGUNAN KABUPATEN ACEH SINGKIL TERCINTA INI.

  DIRGAHAYU KABUPATEN ACEH SINGKIL

KE 20 TAHUN 2019, JAYALAH NEGERI SYECH ABDURRAUF AS-SINGKILY,

 “BUMI BATUAH”

TERIMA KASIH ATAS SEGALA PERHATIANNYA.

WABILLAHITAUFIQ WALHIDAYAH

WASSALAMMUALAIKUM WR, WB.

 

         BUPATI ACEH SINGKIL

 

 

         DULMUSRID