Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil Membangun kerja sama dengan Pemerintah Kota Gunung Sitoli,

Selasa, 06 Maret 2018 Pemerintahan

Oleh admiin

HUMAS ACEH SINGKIL - Dalam rangka membangun kerjasama Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil dan Pemerintah Kota Gunung Sitoli, Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid memerintahkan Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Singkil,              H. Khaldum BK, SE bersilaturrahmi ke Pemko Gunung Sitoli pada hari Selasa, 26 Februari 2018 yang lalu. Dihubungi melalui saluran telepon, Kabag Humas menyampaikan bahwa kerjasama yang akan dijalin dikhususkan di bidang Perhubungan, Ekonomi dan Parawista, Tapi tidak tertutup kemungkinan sektor lainnya juga akan dijajaki dalam rangka meningkatkan ekonomi kedua Daerah ini. Dalam kunjungan kerja ini, Kabag Humas menyampaikan bahwa Walikota Kota Gunung Sitoli, Lakhomizaro Zebua

menyambut baik hubungan kerjasama ini, dan secara serius memintak Jajarannya membangun komunikasi secara inten dengan Jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil, “kita yakin hubungan kerjasama yang dilakukan ini cukup menjanjikan dan saling menguntungkan kedua daerah. Dari disisi transportasi untuk menuju Kota Provinsi Sumatera Utara di Medan waktu tempuh relatif lebih dekat bila dibandingkan bila melalui jalur Sibolga. Terlebih dari sisi ekonomi kita yakin hal ini cukup menjanjikan”, ungkap orang nomor satu di Pemko Gunung Sitoli ini..


Lebih lanjut Walikota menjelaskan, dengan semakin lancarnya jalur trasportasi melalui Aceh Singkil banyak manfaatnya bagi masyarakat Gunung Sitoli. Contoh bila dibandingkan transportasi laut Gunungsitoli-Sibolga memakan waktu 10 hingga 11 jam dalam pelayaran. Sibolga-Medan dengan perjalan darat memakan waktu 9 hingga 10 jam. Sementara bila melalui Aceh Singkil secara ekonomis waktu tersebut bisa terpotong yakni dalam pelayaran Gunungsitoli-Aceh Singkil hanya memakan waktu 5 hingga 6 jam dan perjalan darat dari Aceh Singkil ke Medan Kota Provinsi Sumatera Utara hanya memakan waktu 7 hingga 8 jam.


Kemudian, disisi ekonomi ke depan akan lebih dipertajam lagi, sehingga hasil bumi dari Gunungsitoli atau Nias seperti pertanian, sayur-sayuran buah-buahan dan lainya dapat dipasarkan di Aceh Singkil. Sebaliknya produk-produk dan hasil bumi dari Aceh Singkil juga dapat dipasarkan di Gunungsitoli.


Turut mendampingi Kabag Humas dalam kunjungan kerja ini, Kadis Perhubungan, Edi Hartono, BA, Kadis Perindagkop, dan UKM, Malim Dewa, SE. M.Si, Kadis Parawisata, Pemuda dan Olah Raga, Faisal, S.Pd dan beberapa pejabat Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil lainnya.