Semangat Literasi Ditanamkan pada Pelajar SD Terpencil di Aceh Singkil

Pendidikan & Pelatihan

Rabu, 12 September 2018

SINGKIL - Kabupaten Aceh Singkil, diharapkan dapat menjadi daerah literasi.

Untuk mencapai hal tersebut semangat literasi terus ditanamkan sejak usia dini pada pelajar sekolah dasar terpencil di Kabupaten itu.

Gerakan semangat leterasi tersebut digagas Nurul Istiqomah, pengajar muda Aceh Singkil dari Indonesia Mengajar bersama Deri Irawan, Mahasiswa UIN Ar-Raniry Jurusan Ilmu Perpustakaan Banda Aceh.

Keduanya menularkan semangat literasi pada siswa SD Negeri II Kuala Baru, yang berada di daerah terpencil, Sabtu (8/9/2018).

Menurur Nurul, sekolah memiliki peranan penting dalam mengembangkan kreativitas siswa dalam menggalakkan semangat literasi bangsa.

"Sekolah dapat mengembangkan keunggulan dalam literasi yang dimulai dari membaca dan menulis," kata perempuan muda yang sehari-hari dipanggil Bimbim.

Sementara Deri Irawan, yang merupakan putra Aceh Singkil, mengajak anak-anak SD Negeri II Kuala Baru, membuat pop up book.

Kegiatan itu mampu mendorong semangat anak-anak belajar dan meningkatkan literasi.

"Saya ingin kelak Aceh Singkil menjadi daerah literasi, salah satu caranya adalah dengan menumbuhkan minat baca dan menulis sejak dini," kata Deri.(Diskominfo)