Dinas Perikanan Aceh Singkil Minta Nelayan yang belum Punya Sertifikat Tanah Segera Mendaftar

Pemerintahan

Kamis, 27 September 2018

DISKOMINFO ACEH SINGKIL, SINGKIL - Dinas Perikanan Kabupaten Aceh Singkil melakukan sosialisasi kartu pelaku usaha kelautan dan perikanan (Kusuka), asuransi nelayan dan sosialisasi sertifikat tanah gratis bagi nelayan di Balai Desa Gosong Telaga Selatan, Singkil Utara, Kamis (27/9/2018).

Khusus bagi nelayan yang tanahnya belum bersertifikat diminta segera mendaftar.

Sosialisasi dipimpin Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Aceh Singkil, Ismed Taufiq. Acara itu dihadiri kepala desa, panglima lhok laut, pengusaha perikanan, perwakilan nelayan serta unsur terkait lainnya.

Ismed mengatakan nelayan yang tapak tanahnya belum bersertifikat segera mendaftar. Pembuatan sertifikat tersebut, kata Ismet, gratis tanpa ada pungutan. "Pembuatan sertifikat gratis, segera mendaftar," kata Ismed.

Sementara itu terkait kartu pelaku usaha kelautan dan perikanan, menurut Ismed, merupakan identitas profesi pelaku usaha kelautan dan perikanan yang mencakup nelayan, petambak garam, pembudidaya ikan, pengolah ikan, pemasaran perikanan dan penyedia jasa angkutan perikanan.

Sedangkan asuransi nelayan merupakan program khusus bagi nelayan kecil dan tradisional baik itu di laut maupun perairan umum.

Pemerintah memberikan bantuan premi asuransi dengan tujuan memberikan jaminan perlindungan untuk menghindarkan resiko yang dialami nelayan.

Dalam acara itu juga disampaikan bahwa Pemerintah Pusat memiliki program dana bergulir bagi pelaku usaha kelautan dan perikanan.

Pemerintah menyediakan peminjaman modal dengan bunga yang rendah atau bagi hasil.

Sosialisasi tersebut selain di Singkil Utara, akan dilakukan di kecamatan lain. Seperti Kuala Baru, Pulau Banyak, Pulau Banyak Barat dan Singkil.(Diskominfo/Risnaldi)

SUMBER : DISKOMINFO ACEH SINGKIL