Pemkab Aceh Singkil Pertahankan Predikat WTP, Pertama Kali dalam Sejarah

Pemerintahan

Senin, 27 Mei 2019

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL - Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil, semasa kepemimpinan Bupati Dulmusrid, berhasil pertahankan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Aceh atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2018.

Keberhasilan Bupati mempertahankan opini WTP atas laporan hasil pemeriksaan keuangan secara beruntun tersebut untuk pertama kalinya sejak kabupaten itu berdiri.

Laporan hasil pemeriksaan keuangan diserahkan Plt Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Aceh Syafruddin Lubis kepada Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, Senin (27/5/2019) di Auditorium BPK RI Perwakilan Aceh di Banda Aceh.

Turut disaksikan Wakil Ketua DPRK Aceh Singkil Juliadi, Sekda Drs Azmi dan pejabat lain.

"Alhamdulillah ini berkat kerjasama semua pihak, kita bisa sama-sama pertahankan penilian WTP dari BPK RI," kata Bupati.

Bupati berharap penilian ini dapat terus dipertahankan.

Lebih dari itu ia meminta prestasi beruntun dapat melecut semangat jajarannya dalam bekerja secara efektif, efisien dan akuntabel.

Terpisah Kepala Badan Pengelola Keuangan Kabupaten Aceh Singkil Aidil Yudi Irawan, menyebutkan predikat WTP merupakan yang ketiga kalinya daraih berturut-turut.

"Ini WTP tiga kali berturut-turut," kata Aidil.

Berdasarkan catatan Pemkab Aceh Singkil, pertama kali mendapat penilaian WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2014. Sayang prestasi itu tak bisa dipertahankan pada berikutnya.

Justru LKPD Aceh Singkil kala itu malah turun menjadi wajar dengan pengecualian (WDP).

Namun setelah itu Aceh Singkil, kembali meraih penilian WTP dari BPK RI Perwakilan Aceh untuk laporan keuangan daerah tahun 2016.

Sejak itu raihan WTP terus bisa dipertahankan secara beruntun pada laporan keuangan tahun 2017 dan 2018 yang baru saja diserahkan BPK RI. (*)

SUMBER: http://aceh.tribunnews.com/2019/05/27/pemkab-aceh-singkil-pertahankan-predikat-wtp-pertama-kali-dalam-sejarah